LATIHAN PENGUASAAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH



SOAL
1.      Buat contoh kasus dan peristiwa yang selaras dan tidak selaras dengan visi, misi dan kompetensi pendidikan kewarganegaraan dikaitkan dengan bidang study?
2.      Buat contoh upaya bela negara dalam berbagai bidang profesi kecuali militer dan polisi?
3.      Jelaskan mengapa penambangan pasir di kepuluan riau yang dijual ke singapura dapat mengancam eksistensi kawasan nusantara?
4.      Jelaskan apakah dengan adanya internet dan penggunaanya dapat mengancam  ketahanan nasional?
u
JAWABAN
1.      =>contoh kasus dan peristiwa yang selaras

a. Mencuatnya status salah satu lembaga pendidikan ketrampilan  yang   mengatasnamakan                        Perguruan tinggi di karenakan para siswa- siswinya aktif dan ingin agar ijazahnya dikemudian hari dapat digunakan,
b .Banyak ditemukannya pengetahuan-pengetahuan terbaru, semisal program-program yang lain yang ditujukan untuk mengembangkan almamaternya,
c. Banyaknya organisi-organisasi kemahasiswaan yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa itu sendiri.
              => contoh kasus dan peristiwa yang tidak selaras
a. Adanya tawuran antar mahasiswa yang pernah terjadi di luar Pulau Jawa,
b. Adanya peristiwa kekerasan yang terjadi di dalam Orientasi
c. Siswa Pengenalan Kampus yang mengakibatkan hilangnya nyawa seorang mahasiswa,


2.      .>Sebagai siswa siswi Mengikuti Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam pendidikan kewarganegaraan, siswa berpikir secara  kritis, rasional, dan kreatif serta serta menanggapi isu kewarganegaraan, bertindak secara bertanggung jawab dalam  setiap kegiatan masyarakat, berkembang sacara positif untuk  membentuk kualitas masyarakat Indonesia agar dapat hidup  bersama dengan bangsa lain, dan berinteraksi dengan bangsa  lain di dunia, baik langsung maupun tidak langsung.
> sebagai profisi pedagang, Kejujuran seorang pedagang melalakukan transaksi dengan tidak mengurangi takaran timbangan sudah termasuk dalam usaha membela negara.
 > sebagai profisi guru, Seorang guru yang mencerdaskan generasi bangsa.
> sebagai profisi wirausahawan, menciptakan lapangan pekerjaan, dengan begitu bisa mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan.


3.      Penambangan pasir dikepulauan Riau yang dijual ke Singapura  dapat mengancam eksitensi kawasan nusantara karena berdasarkan ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN: “Wawasan Nusantara yang merupakan wawasan Nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional”. Kegiatan tersebut telah mengeruk jutaan ton pasir setiap hari dan  mengakibatkan kerusakan ekosistem pesisir pantai yang cukup parah yang mengakibatkan pupulasi hewan laut menurun. Selain itu mata pencaharian nelayan yang semula menyandarkan hidupnya di laut, terganggu akibat aktivitas itu dan juga kerusakan lingkungan, Sekilas dalam jangka pendek mungkin hanya akan  terlihat sebagai pemandangan buruk yang tidak enak untuk   dilihat dan dirasakan. Namun, dalam jangka panjang tentu akan  terasa lebih buruk lagi, misalnya akan mudah merembesnya air   laut ke dalam sumber-sumber air tanah di daratan, sehingga air  tanah menjadi payau. Bisa juga terjadinya longsoran tebing- tebing kolam bekas galian, yang mana hal ini bukan hanya akan  dapat membahayakan keselamatan masyarakat. Namun, juga dapat mengakibatkan permukaan tanah menjadi lebih rendah dari  ketinggian permukaan air laut. Penambangan pasir laut juga mengancam keberadaan sejumlah pulau kecil karena dapat menenggelamkannya, tenggelamnya pulau-pulau kecil tersebut menimbulkan kerugian besar bagi Indonesia, karena adanya   perubahan pada kondisi geografis pantai akan berdampak pada  penentuan batas maritim dengan Singapura di kemudian hari.         

4.      dengan adanya internet dan penggunaanya dapat mengancam  ketahanan nasional karena, Keamanan Jaringan komputer khusunya internet menjadi rentang terhadap hacker. Dampak negatif Internet telah memudahkan kehilangan dan kebocoran yang bersifat rahasia dengan melakukan peretasan oleh Negara asing. Karena mudahnya akses internet oleh semua orang  dengan Internet mempermudah perekrutan pelaku terorisme,komunikasi atau perencanaan tindakan terorisme. Dan  Internet dapat menimbulkan potensi ancaman perang informasi antara dua negara.

Komentar